Senin, 08 Agustus 2016

Harga Ikan Kerapu Surabaya - Mulia Kerapu

Harga Ikan Kerapu Surabaya - Mulia Kerapu
Kondisi Harga Ikan Kerapu
Harga ikan kerapu termasuk lebih stabil bila dibanding dengan harga lobster. Dan cenderung hampir sama diseluruh pusat kerapu di Indonesia. Berbeda dengan lobster yang kadang-kadang ada perbedaan harga antara pusat lobster di Aceh dengan pusat di Papua, Makassar dan Ambon.

Adapun perbedaan harga masih dipengaruhi oleh faktor-faktor klasik :
     1.  Perbedaan antara penyetok dan pembeli, permintaan dan penawaran.
     2.  Kondisi musim yang sedang berlangsung sehingga kerapu bisa banyak atau menghilang.
     3.  Hari-hari Raya China seperti Hari Raya Imlek, Cap Go Meh, Ceng Beng dan seterusnya.
Itu sebabnya kepada penjual ikan kerapu ini, sebelum barang dikirim agar menanyakan harga ikan kerapu terakhir ( the latest price ) yang akan menjadi harga kesepakatan bersama sehingga tidak ada perbedaan pendapat tentang harga apabila sudah terjadi transaksi.

Pengiriman
Yang menjadi titik rawan paling signifikan dalam berbisnis ikan hidup ini adalah bagaimana ikan-ikan ini yang berada didalam box styrofoam selama 6-8 jam penerbangan dari bandara pemberangkatan menuju bandara kedatangan masih bisa bertahan hidup. Dengan demikian masih bisa diharapkan keuntungan sesuai yang telah diperkirakan sebelumnya.  Idealnya angka kematian ikan berada pada angka toleransi 3-4 %.

Angka kematian diatas terkadang menjadi lebih besar walaupun penjual sudah terbiasa melakukan packing ikan kedalam box styrofoam. Apa masalahnya?

1.  Kurang teliti sehingga teknik dasar cara packing berubah atau dilanggar. Misalnya dalam tahap pembiusan yang diharuskan menurunkan temperatur air pada derajat yang sudah ditentukan, tapi karena sudah terlalu sering melakukan pengepakan tidak menggunakan alat ukur temperatur  tapi cukup dengan perasaan tangan saja.
2. Karena ingin secepatnya mendapatkan uang sehingga yang semesinya ikan harus dipuasakan minimal 1 X 24 jam agar tidak berak dibox, setelah ditangkap langsung dimasukkan kedalam box styrofoam dan langsung dikirim tanpa dipuasakan terlebih dahulu. Akibatnya ikan berak di box dan air menjadi tercemar dan mengakibatkan kematian. Begitu sampai digudang untuk dibongkar dan disortir, ternyata banyak ikan yang mati.
3. Dan hal-hal kecil-kecil lainnya dan bersifat teknis.

Mengelola harga
Harga ikan kerapu ini sebaiknya dapat dikelola oleh pemangku kepentingan agar berada pada harga yang menguntungkan bagi petani kerapu. Dengan mempertahankan harga yang baik sudah barang tentu petani kerapu akan mendapatkan kepastian pendapatan yang pada gilirannya akan meningkatkan kesejahteraan mereka.


Dalam mengelola harga ikan kerapu, keberpihakan Pemerintah Daerah kepada petani kerapu sangatlah diharapkan karena kegiatan ini adalah dalam kerangka membangun ekonomi kerakyatan.

Mulia Kerapu adalah supplier ikan kerapu untuk resto & seafood, melayani ikan kerapu hidup hasil budidaya dengan ukuran 0.5 kg - 1 kg pengiriman ke seluruh Indonesia dengan harga yang bersaing.

Info lebih lanjut, hubungi kami di 0822 3629 7658

PT Mulia Wisnusetya Indonesia (Marketing Office)
City Of Tomorrow
Lantai 1, FS – 59 / 02
Jl. Ahmad Yani No. 288 Surabaya
Phone : 031 8292393


Tag: 
Jual Ikan Kerapu Surabaya
Supplier Ikan Kerapu Surabaya

Related Posts

Harga Ikan Kerapu Surabaya - Mulia Kerapu
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.