Kamis, 28 Juli 2016

Pemeliharaan Larva Ikan Kerapu Bagian 3: Griding dan Fase-fase kritis yang harus diperhatikan

Pemeliharaan Larva Ikan Kerapu Bagian 3: Griding dan Fase-fase kritis yang harus diperhatikan

Artikel kali ini, kami mengupdate yaitu Pemeliharaan Larva Ikan Kerapu Bagian 3untuk bagian 3 akan menbahas mengenai: Griding dan Fase-fase kritis yang harus diperhatikanLangsung saja, kita bahas ya.

Griding

Penyeragaman atau pemilahan ukuran benih perlu dilakukan untuk menghindari sifat kanibal dari ikan ini. Kerapu Hybrid memiliki sifat kanibal karena ikan yang lebih besar akan memangsa yang lebih kecil. Sifat ini akan menjadi lebih serius bila frekuensi pemberian dan jumlah pakan tidak mencukupi. Oleh karenanya, benih perlu selalu diseleksi ukurannya dan diberi cukup pakan.

Penyeragaman ukuran benih dapat dilakukan pada umur 35-40 hari. Memang penyeragaman ukuran ini tidak mudah karena ini sangat mudah stress bila dipindahkan secara tiba-tiba dan ditangani dengan kasar. Agar tiak beresiko kematian, pemindahannya dilakukan minimal setelah lima hari diberi pakan udang jembret, daging ikan, atau rebon.

Fase-fase kritis yang harus diperhatikan

Fase-fase kritis yang harus diperhatikan agar tingkat kematian larva bisa ditekan sekecil mungkin adalah sebagai berikut:

1)  Umur kritis I
Larva umur D3 sampai D7, persediaan kuning telur sebagai cadangan makanannya telah terserap habis. Bukaan mulut larva juga masih terlalu kecil untuk memangsa pakan seperti rottifera. Sementara itu, organ pencernaannya belum berkembang sempurna sehingga belum dapat memanfaatkan pakan yang tersedia secara maksimal.

2)  Umur Kritis II
Kematian larva terjadi pada umur D10 sampai dengan D12. Pada saat itu, spina calon sirip punggung dan sirip dada mulai tumbuh semakin panjang. Pada fase ini kebutuhan nutrisinya lebih komplit. Pakan yang diberikan masih sama dengan fase sebelumnya.

3)  Umur Kritis III
Kematian larva terjadi pada umur D21 sampai dengan D25 ketika terjadi metamorphosis, yakni pada saat spina tereduksi menjadi tulang sirip punggung dan sirip dada pada kerapu muda.

4)  Umur Kritis IV

Pada fase ini, benih berumur lebih dari 35 hari. Sifat kanibalnya sudah mulai tampak. Benih yang ukurannya lebih besar akan memangsa yang lebih kecil.

Sekian untuk Pemeliharaan Larva Ikan Kerapu Bagian 3, jika Anda ketinggalan update artikel sebelumnya Anda bisa lihat disini:

Ikuti terus artikel dalam blog ini, untuk update artikel Pemeliharaan Larva Ikan Kerapu Bagian 3 berikutnya. Like Fanpage, follow twitter dan halaman Google plus  kami untuk mendapatkan update artikel terbaru.

Facebook: Mulia Kerapu
Twitter: @MuliaKerapu
Google +: Mulia Kerapu

Related Posts

Pemeliharaan Larva Ikan Kerapu Bagian 3: Griding dan Fase-fase kritis yang harus diperhatikan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.