Kamis, 21 Juli 2016

Pemeliharaan Larva Ikan Kerapu Bagian 1: Persiapan Bak, Penetasan Telur & Pemeliharaan dalam Bak - Mulia Kerapu

Pemeliharaan Larva Ikan Kerapu Bagian 1: Persiapan Bak, Penetasan Telur & Pemeliharaan dalam Bak

Budidaya Ikan Kerapu - Untuk artikel kali ini, kami akan mengupdate mengenai Kegiatan Pemeliharaan Larva Ikan Kerapu secara teknis. Nah, mengenai artikel ini jika dijadikan satu artikel akan sangat panjang, maka kami membuatnya menjadi 5 bagian. Untuk bagian ke 1 mengenai: Persiapan Bak, Penetasan Telur & Pemeliharaan Larva Ikan Kerapu. 

Persiapan Bak

Larva kerapu dapat dipelihara dalam bak yang terbuat dari berbagai bahan dan ukuran namun dengan demikian harus memenuhi beberapa persyaratan yang diperlukan secara teknis dan kemudahan operasional. Beberapa persyaratan bak larva adalah terbuat dari bahan yang tidak bereaksi dengan air laut atau bahan kimia, pori-pori bak terutama bagian dalam harus halus sehingga mudah pada saat pembersihan, tahan lama serta harga ekonomis. Bak pemeliharaan larva sebelum diguanakan harus dicuci bersih dan disterilkan antara lain dengan menggunakan kaporit. 

Setelah itu dilakukan pemasangan aerasi dengan jumlah batu aerasi berkisar antara 2 – 4 buah/m2. Air media pemeliharaan yang digunakan adalah air laut yang telah melalui penyaringan dan disterilkan. Untuk mensterilkan air laut dapat digunakan kaporit 15 – 20 ppm atau Pkndengan EDTA. Air laut yanh telah siap, diisikan kedalam bak larva yang telah disiapkan. Pengisian bak hanya sekitar setengah sampai tiga perempat dari volume bak, karena akan ditambahkan fitoplangton kedalam media pemeliharaan tersebut.

Penetasan Telur

Berdasarkan pengamatan mikroskopis, telur kerapu berbentuk bulat tanpa kerutan, cendrung bergerombol pada kondisi tanpa aerasi, dan kuning telur tersebar merata. Perkembangan emrio telur sejak pembuahan sampai penetasan membutuhkan waktu sekitar 19 jam. Pembelahan sel pertama kali terjadi sekitar 40 menit setelah pembuahan dan pembelahan sel berikutnya berlangsung setiap 15 – 30 menit hingga mencpai tahap mutisel selama 2 jam 25 menit sejak penetasan. Setelah tahap mutisel, tahap berikutnya adalah fase blastula, grastula, nurela, dan emrio.

Gerakan pertama embrio terjadi kira – kira 16 jam setelah pembuahan. Selanjutnya tiga jam setelah gerakan pertama embrio, telur menetas menjadi larva. Penetasan telur terjadi larva ini pada suhu 20-290C.

Penetasan dapat dilakukan dengan 2 cara:

Pertama, telur ditetaskan dalam wadah penetasan dengan kepadatan sekitar 1500 butir/liter, kemudian larvanya dipindahkan dalam bak pemeliharaan larva.

Kedua, telur langsung ditetaskan didalam bak pemeliharaan larva. Cara yang baik digunakan adalah cara pertama, hal ini didasarkan pada keberhasilan dan sterilitas bak dan media pemeliharaan larva. Sebelum ditetaskan telur disterilkan terlebih dahulu dengan menggunakan lodine 2 ppm selama 5 menit.


Pemeliharaan Larva Ikan Kerapu dalam Bak  

Larva dipelihara dalam bak pemeliharaan larva. Sebelum digunakan bak harus dibersihkan, dikeringkan,dan dibilas, lalu diisi air laut yang sudah disaring dengan salinitas 30-33 ppt dan suhu 27-290 C. Jumlah air laut yang digunakan sekitar setengah volume bak.


Sebelum larva kerapu hybrid ditebarkan, air laut tersebut perlu direndam dengan kaporit dan diberi aerasi sekitar dua hari. Tujuannya ialah agar air terbebas dari bakteri dan hama yang dapat mengganggu pertumbuhan larva. Dosis kaporit sekitar 30-50 ppm. Sebelum digunakan, air media ini harus dibiarkan dahulu selama tiga hari agar kaporitnya hilang sehingga aman untuk larva.

Sekian untuk Pemeliharaan Larva Ikan Kerapu Bagian 1, ikuti terus artikel dalam blog ini, untuk update artikel Pemeliharaan Larva Ikan Kerapu Bagian 2 berikutnya. Like FP, follow twitter dan halaman Google plus  kami untuk mendapatkan update artikel terbaru.

Facebook: Mulia Kerapu
Twitter: @MuliaKerapu
Google +: Mulia Kerapu

Related Posts

Pemeliharaan Larva Ikan Kerapu Bagian 1: Persiapan Bak, Penetasan Telur & Pemeliharaan dalam Bak - Mulia Kerapu
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.