Senin, 11 Desember 2017

Peluang Bisnis Ikan Laut seri 3 - Bersama Mulia Kerapu

Bertemu lagi dengan Mulia Kerapu dalam sharing bagaimana memulai bisnis ikan laut.

Melanjutkan tulisan seri sebelumnya.

Masih banyak masyarakat yang tidak tahu bagaimana cara memulai bisnis ikan laut. Padahal, cara memulai bisnis ikan laut ini tidak terlalu rumit dan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja karena pada dasarnya, bisnis ikan laut tidak jauh berbeda dengan cara bisnis yang lain.

Salah satu alasan bisnis ikan laut adalah karena bisnis ikan laut memiliki potensi besar, tidak pernah kehabisan pelanggan bahkan permintaan ikan laut selalu meningkat baik di dalam negri maupun luar negri




Dan jika anda ingin tahu bagaimana cara memulai bisnis ikan laut, berikut adalah kelanjutan cara-cara yang bisa anda jadikan panduan:

3. Mencari Pemasok

Pemasok adalah hal penting yang harus anda miliki sebelum memulai bisnis ikan laut. Tanpa pemasok, kemungkinan anda membeli ikan dengan harga yang mahal sangat besar terjadi. Selain itu, usahakan mendapatkan pemasok ikan lebih dari 1 orang untuk menjaga stock ikan anda. Karena jika stock ikan tersebut tidak ada di pemasok yang satu, anda bisa mendapatkan stock ikan itu dari pemasok yang lain.

Pemasok utama ikan laut adalah para nelayan yang biasanya beraktivitas di daerah pesisir pantai. Dari mereka, Anda akan mendapatkan stok produk segar. Untuk itu, mulailah mencari pemasok yang sesuai dengan bisnis Anda, baik dari segi harga, jenis ikan laut yang tersedia, kualitas, hingga sistem jual beli yang disepakati. Bekerja sama dengan pemasok yang tepat sedikit banyak akan memengaruhi kelancaran bisnis Anda pada kemudian hari.


4. Mempersiapkan Modal

Sama seperti jenis bisnis yang lainnya, memulai bisnis ikan laut juga membutuhkan modal. 
Modal adalah faktor penting. Modal tidak selalu berupa uang, tetapi tenaga, waktu, relasi, peralatan, dan sebagainya bisa di sebut juga sebagai modal. Begitu juga ketika memulai bisnis ikan laut, Anda harus mempersiapkan modal secukupnya. Modal ini dibutuhkan untuk membeli bahan baku, menyewa tempat untuk berjualan, hingga mempersiapkan alat untuk pengemasan dan proses pemasaran.
Modal adalah salah satu faktor utama yang menjadikan banyak orang mengurungkan niatnya dalam memulai usaha dengan alasan ‘klasik’, yaitu: tidak ada modal. Bahkan jika memang kendala uang yang jadi permasalahan, tentu saja ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mensiasatinya agar  bisnis ikan laut tetap berjalan.


Related Posts

Peluang Bisnis Ikan Laut seri 3 - Bersama Mulia Kerapu
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.