Kamis, 14 Desember 2017

Peluang Bisnis Ikan Laut seri 4 end - Bersama Mulia Kerapu


Bertemu lagi dengan Mulia Kerapu dalam sharing bagaimana memulai bisnis ikan laut.

Melanjutkan tulisan seri sebelumnya.

Masih banyak masyarakat yang tidak tahu bagaimana cara memulai bisnis ikan laut. Padahal, cara memulai bisnis ikan laut ini tidak terlalu rumit dan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja karena pada dasarnya, bisnis ikan laut tidak jauh berbeda dengan cara bisnis yang lain.

Salah satu alasan bisnis ikan laut memiliki potensi besar adalah karena bisnis ikan laut tidak pernah kehabisan pelanggan bahkan permintaan ikan laut selalu meningkat baik di dalam negri maupun luar negri



Dan jika anda ingin tahu bagaimana cara memulai bisnis ikan laut, berikut adalah kelanjutan cara-cara yang bisa anda jadikan pertimbangan :

5. Mencari Lokasi yang Tepat

Lokasi adalah syarat utama lainnya yang harus anda pikirkan sebelum memulai bisnis ikan laut. Karena sama dengan cara bisnis lain, tempat yang mudah ditemui akan sangat mempengaruhi perkembangan bisnis ikan laut anda. 

Jual beli ikan laut lazim dilakukan di sekitar pantai. Sayangnya, karena penjual ikan laut juga banyak beroperasi di daerah pantai maka jualan di sekitar pantai harganya pun cenderung murah. Jika ingin mendapatkan laba yang lebih besar, cobalah untuk mencari lokasi jual di wilayah yang jarang memiliki pasokan ikan laut.

Salah satu alternatif tempat yang bisa Anda pertimbangkan adalah berjualan di pasar tradisional atau di swalayan. Selain itu, Anda juga bisa mencoba untuk membuka gerai sendiri, baik di rumah maupun dengan menyewa tempat. Namun, jangan lupa untuk memastikan tempat tersebut cukup mendukung, baik dari aspek ketersediaan tempat penyimpanan maupun kemudahan untuk dikunjungi calon pembeli. 

6. Marketing yang Tepat

Inovasi dalam menjual ikan laut sangat di perlukan. Tanpa inovasi, mustahil sebuah bisnis bisa sukses. Begitu pula dengan bisnis ikan laut, Anda tentu harus berkutat dengan mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya, berlanjut pada tingkat kepuasan pelanggan sebaik-baiknya, menekan biaya kirim yang terus meningkat, hingga teknik penyimpanan yang memadai. 

Berikut ini ada beberapa teknik menjual ikan laut.

Menjualnya secara berkeliling. Cara ini juga di terapkan dalam bisnis lain untuk mendapatkan penjualan. Selain itu, dengan cara berkeliling inipun anda akan lebih dekat dengan pelanggan anda sehingga anda lebih mengenal mereka lebih dekat. Menjual secara berkeliling adalah cara yang tepat jika anda memiliki keterbatasan modal untuk menyewa tempat. Anda bisa berkeliling menjual kepada pelanggan perorangan maupun pengepul ikan laut. Di tingkat yang lebih tinggi Anda bisa berkeliling menawarkan ke restoran atau perusahaan pengolahan ikan. Dan saat ini Anda bisa berjualan keliling tanpa meninggalkan tempat Anda yaitu berjualan lewat online. Anda hanya berkeliling dari online satu ke online lainnya.

Cara memulai bisnis ikan laut selanjutnya adalah membuka warung makan. Cara ini cukup ampuh untuk menarik pelanggan karena hampir semua orang membutuhkan makan. Cara ini cukup populer dilakukan oleh para pebisnis ikan laut. Pasalnya, pelanggan mereka tidak hanya membeli ikan laut hidup tapi langsung mengolahnya untuk dikonsumsi ditempat. Karena diolah, harga jual ikan laut ini menjadi berlipat dan anda akan mendapatkan keuntungan yang berlipat pula. 

Cara selanjutnya dalam memulai bisnis ikan laut adalah menjual ikan beku. Ikan beku adalah strategi yang dilakukan oleh pengusaha ikan laut untuk menjaga kesegaran ikan laut jualan mereka. Tanpa dibekukan, ikan segar mungkin hanya akan bertahan 1-2 hari sampai akhirnya membusuk. Namun jika dibekukan, ikan akan mampu bertahan sampai 7 hari lamanya. Menjual ikan beku akan menekan jumlah pengeluaran modal anda untuk membeli ikan karena ikan yang tidak laku hari ini bisa anda jual besok atau lusa. Ikan beku adalah solusi lain bagi anda jika memiliki kendala jarak tempuh yang jauh dari tempat pemasok ikan ke tempat anda berjualan.

Related Posts

Peluang Bisnis Ikan Laut seri 4 end - Bersama Mulia Kerapu
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.