Senin, 18 Juli 2016

Manfaat Ikan Kerapu dari segi Kesehatan, Kuliner & Ekonomi - Mulia Kerapu

Manfaat Ikan Kerapu dari segi Kesehatan, Kuliner & Ekonomi - Mulia Kerapu


Ikan kerapu sebagai salah satu  jenis ikan karnivora yang hidup disekitar terumbu karang dan dapat mengendalikan rantai makanan dengan menstabilkan keseimbangan ekosistem bawah laut. Selain itu, daging ikan kerapu juga sangat diminati pecinta ikan karena rasanya yang sangat lezat. Hal ini membuat ikan kerapu dieksploitasi secara berlebihan sehingga populasi mereka semakin menurun pada tiap tahunnya. Ikan kerapu akan memasuki kematangan produksi setelah mencapai 5 – 10 tahun yang menyebabkan populasi mereka rentan bertahan hidup dalam kurun waktu yang lama sebelum mencapai masa produksi. Untuk mengatasi permasalahan ini, maka budidaya ikan kerapu adalah solusinya, guna mencukupi permintaan pasar dalam negeri dan luar negeri tanpa merusak ekosistem laut.

Jenis-jenis ikan kerapu

Tubuh ikan yang rendah dengan moncong panjang agak pipih, maxillarry yang lebar pada bagian luar mata dan bintik pada pada bagian kepala, badan serta sirip ikan kerapu yang mempunyai warna putih coklat. Namun pada tiap jenis ikan kerapu pada umumnya mempunyai bentuk yang agak berbeda walaupun mirip antara satu jenis dengan jenis lainnya. berikut klasifikasi jenisnya:
·         Ikan Kerapu Batik dengan Nama Ilmia polyphakeion syn. E. Microdon
·         Ikan Kerapu Kertang dengan Nama Ilmiah Epinephelus lanceolatus
·         Ikan Kerapu Sunuk, merah, lodi dengan Nama Ilmiah Plectropomus leopardus
·         Ikan Kerapu Lumpur dengan Nama Ilmiah Epinephelus bleekeri
·         Ikan Kerapu Macan dengan Nama Ilmiah Fuscoguttatus
·         Ikan Kerapu Muara dengan Nama Ilmiah Coioides
·         Ikan Kerapu Tikus atau Ikan Kerapu Bebek dengan Nama Ilmiah Chromileptes altivelis
·         Ikan Kerapu  Cantang yang merupakan hibrida antara Kerapu Macan dan Kertang untuk lengkapnya mengenai Kerapu Cantang klik di sini
·         Ikan Kerapu Cantik yang merupakan hibrida antara Macan dan Batik untuk lengkapnya mengenai Kerapu Cantik klik disini

Kandungan Ikan Kerapu

Ikan kerapu memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh yakni terhindar dari penyakit jantung koroner serta mampu meningkatkan kecerdasan otak. Beberapa olahan ikan kerapu bahkan dapat dijadikan menu yang lezat dan kaya manfaat bagi tubuh. Untuk mengetahui apa saja manfaat ikan kerapu maka kita perlu mengetahui beberapa kandungan yang terdapat pada ikan kerapu
Berikut kandungan nutrisi atau Gizi Ikan Kerapu dengan takaran 100 gr :
·         Jumlah Kandungan Energi Ikan Kerapu = 168 kkal
·         Jumlah Kandungan manfaat protein Ikan Kerapu = 32,4 gr
·         Jumlah Kandungan lemak Ikan Kerapu  = 1,2 gr
·         Jumlah Kandungan manfaat karbohidrat Ikan Kerapu  = 4,5 gr
·         Jumlah Kandungan manfaat kalsium Ikan Kerapu = 320 mg
·         Jumlah Kandungan Fosfor Ikan Kerapu = 343 mg
·         Jumlah Kandungan manfaat zat besi Ikan Kerapu = 6 mg
·         Jumlah Kandungan manfaat vitamin A Ikan Kerapu = 0 IU
·         Jumlah Kandungan Vitamin B1 Ikan Kerapu = 0,01 mg
·         Jumlah Kandungan manfaat vitamin C Ikan Kerapu = 0 mg

Manfaat Ikan Kerapu Secara Umum

Ikan kerapu merupakan jenis ikan yang dapat dikonsumsi hingga 70 % dari keseluruhan bagian tubuh. Kelezatan daging ikan kerapu serta lamanya proses produktivitas menjadikan ikan ini sangat diminati oleh konsumen sehingga harganya pun tergolong mahal. Kandungan asam lemak tak jenuh atau omega 3 pada ikan kerapu bahkan dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak. Tubuh membutuhkan asupan asam lemak esensial yang terdiri dari omega 3 dan DHA karena tubuh tidak dapat membentuknya secara mandiri. Asupan beberapa kandungan gizi yang terdapat pada daging ikan kerapu akan menjadi stimulan positif yang bermanfaat bagi kekuatan daya ingat otak. Manfaat lain dalam bidang kesehatan yakni dapat menghindarkan tubuh dari penyakit jantung koroner dan cacat permanen akibat serangan jantung atau stroke.
Ikan kerapu mempunyai bentuk yang khas dan unik dari jenis ikan lain yang hidup diperairan. Kandungan yang terdapat pada tubuh ikan kerapu ini dapat membuat kita terhindar dari penyakit jantung koroner dan meningkatkan kecerdasan otak. Hal lain mengenai ikan kerapu yakni nilai ekonomis yang tinggi karena komoditas ekspor dan menyebabkan ikan kerapu banyak dibudidayakan.

Manfaat dari Segi Kuliner

Kualitas daging ikan kerapu memang sudah terkenal hingga pasar internasional jadi wajar jika permintaan pasar semakin meningkat pada tiap tahunnya. Beragam olahan hasil laut yang menggunakan daging ikan kerapu bahkan sangat digemari oleh konsumen. Pada umumnya ikan kerapu diolah sebagai menu seafood dengan cara dibakar. Namun cara pengolahan lain yang menggunakan bahan dasar daging ikan kerapu mulai menjamur di pasaran. Berbagai bahan pelengkap seperti jamur, paprika dan beragam sayur-mayur yang cocok dikombinasikan dengan daging ikan kerapu Berikut beberapa variasi olahan makanan berbahan ikan kerapu  :
·         Ikan kerapu bakar saus pedas atau asam manis
·         Ikan kerapu kukus
·         Soup ikan kerapu asam pedas


Manfaat dari Segi Ekonomi

Ikan kerapu merupakan jenis ikan yang sangat diminati oleh pasar internasional karena khasiat dan manfaatnya. Pembudidayaan yang dilakukan dapat membuat harga ikan kerapu semakin meningkat karena tingginya permintaan pasar. Pada umumnya, ikan kerapu ini dijadikan komoditas ekspor untuk keperluan konsumsi dan kebutuhan ikan hias. Daging ikan kerapu sangat terkenal dengan kelezatannya sedangkan pada beberapa jenis ikan kerapu dapat dijadikan sebagai Ikan hias karena bentuk fisiknya yang khas.
Di habitat aslinya, ikan kerapu yang hidup disekitar terumbu karang bahkan terancam kelangsungan hidupnya akibat ekploitasi yang berlebihan.Untuk itu pembudidayaan ikan kerapu bermanfaat dalam rangka menjaga kestabilan populasi serta menguntungkan dari segi ekonomi.
Ikan kerapu mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan manusia. dari segi bentuknya yang khas dan unik, beberapa jenis ikan kerapu bahkan dapat dijadikan sebagai ikan hias. Lalu kelezatan daging ikan kerapu juga sangat terkenal dalam pasar internasional sehingga menjadikan ikan kerapu sebagai komoditas ekspor yang menjanjikan. Hal ini tentu menjadi lahan bisnis bagi peternak yang membudidayakan ikan kerapu yang mempunyai nilai ekonomis.

NB: Untuk kesehatan janin dan buah hati, ikan kerapu tidak dianjurkan dikonsumsi ketika hamil dan proses menyusui.


 Supplier Ikan Kerapu Hidup Surabaya, 0822 3629 7658 Mulia Kerapu

Related Posts

Manfaat Ikan Kerapu dari segi Kesehatan, Kuliner & Ekonomi - Mulia Kerapu
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.