Kamis, 13 April 2017

Indonesia Sukses Budidaya Ikan Kerapu, Produksinya Terus Meningkat - Mulia Kerapu




Ikan kerapu menjadi salah satu komoditas yang memiliki potensi cukup besar untuk diekspor oleh Indonesia selain ikan tuna. Populasi ikan jenis karang tersebut di Indonesia juga terus naik dari tahun ke tahun.

Salah satu sebabnya ialah karena ikan kerapu di Indonesia berhasil dibudidaya. Hal tersebut justru berbeda dengan negara lain yang masih mengandalkan penangkapan besar-besaran ikan kerapu dari laut dalam.

“Ikan kerapu merupakan ikan jenis karang yang sudah berhasil dibudidayakan. Indonesia termasuk yang sudah berhasil kembangkan budidaya ikan kerapu,” kata Peneliti di Pusat Kajian Pembangunan Kelautan dan Peradaban Maritim, dari (kumparan.com), Sabtu (1/4).

Menurut data Badan Pangan Dunia atau FAO, peningkatan produksi ikan kerapu sudah terjadi sejak tahun 2009 di mana saat itu produksinya mencapai 8.791 ton. Sedangkan di tahun 2010 produksinya naik menjadi 10.398 ton dan puncaknya terjadi di tahun 2013 menjadi 18.864 ton.

Berdasarkan hal di atas terlihat bahwa budidaya ikan kerapu merupakan salah satu peluang bisnis yang cukup potensial dikembangkan di Indonesia. Terlebih saat ini Balai-Balai Perikanan Budidaya Ikan sudah banyak berhasil mengembangkan benih-benih ikan kerapu.

“Artinya benih ikan kerapu tidak lagi tergantung pada benih alam yang ditangkap oleh para nelayan,” imbuhnya.
Hingga saat ini, Sumatera Utara masih menjadi produsen ikan kerapu terbesar di Indonesia dengan produksi 4.858,25 ton atau 7,2 juta ekor ikan kerapu. Sedangkan di Pulau Jawa, Jawa Timur masih menjadi produsen ikan kerapu tertinggi dengan volume mencapai 729,54 ton atau sekitar 1,09 juta ekor.
“Bahkan di Situbondo, Jawa Timur sudah banyak berkembang pembenihan ikan kerapu milik masyarakat, sampai-sampai Situbondo dijuluki Kota Kerapu,” jelasnya.

Sumber : https://kumparan.com/wiji-nurhayat/ri-sukses-budidaya-ikan-kerapu-produksinya-terus-naik.

Mulia Kerapu
Jual Bibit Ikan Kerapu, Pengiriman ke seluruh Indonesia. Info lengkap silahkan hubungi kami di 0822 3629 7658 / 0813 3277 3773.

Related Posts

Indonesia Sukses Budidaya Ikan Kerapu, Produksinya Terus Meningkat - Mulia Kerapu
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.