Senin, 27 Juni 2016

Kerapu Cantik Adalah

Kerapu Cantik Adalah - Mulia Kerapu
IKAN KERAPU CANTIK

Kalau kita mendengar namanya, yang ada di bayangan benak kita adalah kerapu yang jenis ini memiliki penampilan cantik, anggun dengan kombinasi warna cerah yang kontras dan sudah barang tentu harga ikan kerapu ini pun akan mahal. Mengapa namanya kerapu cantik?Karena ikan kerapu ini adalah persilangan antara kerapu macan dan kerapu batik. Jadilah namanya kerapu cantik. ^-^

Data kerapu cantik, jika dirunut silsilahnya  menurut Cayhaningsih dan Subyakto (2003):

Filum               :           Chordata
Subfilum          :           Vertebrata
Kelas               :           Osteichtyes
Sub Kelas        :           Actinopterigi
Ordo                :           Percomorphi
Sub Ordo         :           Percoidea
Family              :           Serranidae
Genus              :           Epinephelus
Spesies            :           Epinephelus sp

Kenapa Kerapu Cantik?


Sebenarnya persilangan ( hybrid ) untuk ikan kerapu jenis ini telah dilakukan dan dibudidayakan beberapa jenis seperti kerapu kustang yang merupakan persilangan antara kerapu tikus dengan cantang. Ada  juga kerapu cantang persilangan antara kerapu macan dengan kertang. Tapi kenapa kerapu cantik? Sudah barang tentu ada beberapa faktor kelebihan dan kekurangannya.

Ketua Asosiasi Pembudidaya KJA Situbondo, Agung Sumbodo menjelaskan beberapa alasan mengapa pembudidaya memilih kerapu cantik. Yang jelas sebagai alasan utama adalah harga kerapu cantik ini dipasaran cukup tinggi. Alasan selanjutnya bahwa kerapu cantik ini relatif lebih tahan terhadap penyakit, pemeliharaannya lebih murah serta potensi gagal panennya juga lebih rendah. Itu sebabnya kelompok pembudidaya ikan kerapu yang satu ini semakin bertambah banyak. 

Pemasarannya? 

Banyak Pembeli dari Surabaya, Bali dan Jakarta siap memborong ikan ini kapan saja untuk selanjutnya akan diekspor ke mencanegara seperti Malayasia, Hongkong, China, Jepang.

Kelebihan dan kekurangan budidaya kerapu cantik.

Selain memliki kelebihan yang cukup banyak, nilai kekurangannya  adalah waktu panen yang sedikit lebih lama dari budidaya lainnya. Kalau kerapu lainnya diperlukan waktu 5 bulan untuk dipanen, maka kerapu cantik baru siap panen pada bulan ke-8. Oleh karena harga penjualannya tinggi maka harga ikan kerapu anakan ( bibit ) ikut juga terkatrol. 

Related Posts

Kerapu Cantik Adalah
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.